Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

5 Kuliner khas di Surabaya, Khusus Buat yang Sering Lapar di Malam Hari!

Halo Arek Suroboyo! Yok opo kabare Rek?Saat malam hari, beberapa orang sering merasa lapar. Sayangnya, banyak tempat makan malam di Surabaya yang sudah tutup. Eits, tapi kamu tidak perlu khawatir, karena rekomendasi tempat kuliner khas Surabaya ini buka dari jam 9 malam hingga dini hari.

Kuliner khas Surabaya

Dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga terkenal dengan kulinernya yang memiliki cita rasa khas. Tidak melulu penyetan saja, di Surabaya ada beragam kuliner malam yang bisa kamu nikmati, seperti rawon, pecel, hingga nasi cumi.

Nah, buat kamu yang sering merasa kelaparan di malam hari tapi bingung mau makan di mana, ini dia 5 rekomendasi wisata kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba. Biar makin terbukti jadi orang Surabaya! 


1. Pecel Rawon Pucang

Pecel adalah salah satu makanan yang umum ditemukan di setiap daerah. Tapi, bagaimana kalau pecel dicampur dengan rawon? Nah, buat kamu yang ingin tahu bagaimana unik dan lezatnya perpaduan dua makanan tersebut, kamu bisa mencoba datang ke wisata kuliner khas Surabaya Pecel Rawon Pucang.

Kuliner khas Surabaya
Sumber gambar: instagram @omndutsukamakan

Berlokasi di Jalan Pucang Anom, makanan ini disajikan dengan nasi pecel yang diberi kuah rawon. Lauk yang bisa kamu pilih cukup beragam, seperti ayam goreng, empal, dan juga telur. Kalau kamu ingin makan malam di sini, kamu bisa datang mulai pukul 22.00-04.00 WIB. 


2. Nasi Bali Pengampon

Salah satu nasi bali yang terkenal di Surabaya adalah Nasi Bali Pengampon. Tempat wisata kuliner khas Surabaya yang satu ini berlokasi di Jalan Kalianyar Kulon, Pengampon. Makanan ini cocok buat kamu yang menyukai hidangan pedas.

Kuliner khas Surabaya
Sumber gambar: pergikuliner.com

Nasi Bali Pengampon disuguhkan dengan lauk tempe, tahu, telur, daging, dan disiram dengan bumbu merah pedas yang nikmat. Untuk dapat menikmati masakan ini, kamu hanya perlu merogoh kantong Rp 20ribu saja. Rekomendasi wisata kuliner khas Surabaya ini hanya dibuka antara pukul 21.00-02.00 WIB. 


3. Pecel Ambulance Bu Hana

Meski terkenal sebagai menu sarapan, di Surabaya kamu tetap bisa menikmati nasi pecel di malam hari. Selain Nasi Rawon Pecel, kamu juga bisa menikmati hidangan nasi pecel saja di Pecel Ambulance Bu Hana.

Kuliner khas Surabaya
Sumber gambar: instagram @horizonhoman
Pecel Ambulance Bu Hana mulai beroperasi pada pukul 22.30-04.00 WIB. Kata ambulance dipilih karena terdapat ambulance di depan gerobak pecelnya. Meski terdengar sedikit seram, tapi, kamu tidak boleh melewatkan mencoba kuliner khas Surabaya yang satu ini. Cita rasanya yang pedas bakalan membuatmu ketagihan!


4. Padin Bu Dewi Achmad

Rekomendasi tempat wisata kuliner khas Surabaya yang selanjutnya adalah Padin Bu Dewi Achmad. Tempat makan yang berlokasi di daerah Bubutan ini menyediakan berbagai pilihan menu bakaran dan gorengan.

Kuliner khas Surabaya
Sumber gambar: google local guide/ Alfons Hartono

Menu andalan di tempat ini adalah sambal pencit dan sambal tomatnya yang khas. Ada beberapa lauk yang bisa kamu pilih, seperti paru, cumi, ikan dorang, ayam, dan banyak lainnya. Tempat ini bakalan cocok buat kamu pecinta makanan pedas. Saking ramainya, tempat makan ini buka 24 jam dan sering dikunjungi masyarakat dalam dan luar kota. 


5. Nasi Cumi Ibu Atun

Sebagai kota pesisir, Surabaya juga terkenal dengan kuliner seafood. Salah satunya adalah Nasi Cumi Ibu Atun yang kini samping pusat perbelanjaan Pasr Atom. Sebelumnya, warung ini berada di Jalan Waspada, Surabaya.

Kuliner khas Surabaya
Sumber gambar: google local guide/ Anggara Sidjabat

Kuliner malam di Surabaya ini menyediakan menu cumi yang dimasak dengan bumbu hitam. Bukan hanya itu saja, cumi juga disajikan dengan mi goreng, telur bali, dan peyek sebagai pelengkap. Kamu bisa menikmati sajian cumi hitam di sini kapanpun karena warung Ibu Atun buka selama 24 jam. 


Mana Kuliner Malam Favoritmu?

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata kuliner khas Surabaya yang menarik untuk kamu coba. Menikmati kuliner malam di Surabaya merupakan kegiatan yang menyenangkan dilakukan. Apalagi untuk menghabiskan akhir pekan dengan keluarga atau pasangan. Yuk, ajak kerabatmu wisata kuliner malam di Surabaya!


23 komentar

23 komentar

  • Andri Marza
    Andri Marza
    26 September 2023 pukul 23.45
    Langsung saya kepoin satu satu nih warungnya..sepertinya warung Bu Achmad ini enak banget. Cocoklah untuk saya yang pecinta pedas
    Reply
  • Arni
    Arni
    18 September 2023 pukul 08.16
    Wah jadi ingat dulu pernah dinas kantor ke Surabaya. Pulang lembur, kami kelaparan trus diajak menikmati kuliner malam di sana. Kami makan rawon waktu itu, tapi saya gak tau nama tempat makannya. Pokoknya enak aja dan cocok di lidah. Mengenyangkan pula. Surabaya punya banyak pilihan kuliner malam ya
    Reply
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    17 September 2023 pukul 19.53
    Salfok sama nasi cumi dan nasi pecel rawon. Kok kayanya enak. Kalau ke Surabaya biasanya aku ke tahu tek kalau ga salah namanya itu :')
    Reply
  • Ihsanul Fikri
    Ihsanul Fikri
    17 September 2023 pukul 10.00
    Ngiler liat nasi bali pengampon. Ini khas surabaya apa gimana yaa mas
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    17 September 2023 pukul 05.45
    ini kulinernya enaaaaak semua, cuman keluarnya malem malem kan ya... Ngga bahayaaaaa taaaa? heheheh tapi yang begini nih susah buat nolaknya
    Reply
  • Ihsan Subhan
    Ihsan Subhan
    16 September 2023 pukul 05.10
    wah.. enak anak nih kuliner di Surabaya. saya seringnya pecel rawon sih kalau ke Surabaya. kayanya enak makannya sekrang nih. sambit balesin komentar medsos. hehe
    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani
    16 September 2023 pukul 00.46
    Semua kuliner khas Surabaya ini belum pernah saya coba. Kalau pecel dan rawon udah pernah nyobain, tapi kalau pecel rawon belum pernah, gimana rasanya kalau dipadukan gitu, ya?
    Reply
  • Erniawati
    Erniawati
    15 September 2023 pukul 22.44
    Jadi ingin setiap pulang ke Jawa Timur ke rumah Tante pasti selalu mampir ke Pecel Ambulance Bu Hana
    Reply
  • www.estalinafebiola.com
    www.estalinafebiola.com
    15 September 2023 pukul 21.24
    ide yang bagus nih, buat night street photographer.. abis ngambil gambar, bisa lanjut kulineran..hehe..
    Reply
  • Agustina Purwantini
    Agustina Purwantini
    15 September 2023 pukul 20.11
    Dari semuanya, yang paling ingin saya cicip adalah nasi pecel rawon. Saya penyuka rawon. Cukup suka pecel. Namun, belum pernah makan menu gabungan dari keduanya.
    Reply
  • Anisa Firdausi
    Anisa Firdausi
    15 September 2023 pukul 18.58
    Terima kasihh rekomendasinya! Aku bookmark dulu siapa tau nanti dikasih kesempatan untuk jalan2 ke Surabayaa
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    15 September 2023 pukul 18.31
    wah bisa jadi rekomendasi niy kak kalau nanti pas ke Surabaya, beberapa kali ke Srabaya belum pernah kulineran malam yang ini wajib banget tar cobain semuanya kalau ke sana lagi, apalagi cumi kesukaan saya banget
    Reply
  • alienda
    alienda
    15 September 2023 pukul 17.22
    Baca tulisan ini auto lapar. Penasaran sama beberapa kuliner Surabaya yang tertulis karena belum pernah coba
    Reply
  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri
    15 September 2023 pukul 11.56
    Wah enak2 semua menunya sumpah udah makan saya barusan lihat gambar kulinernya jadi pengen makan lagi wkwkw
    Reply
  • Andrew Pradana
    Andrew Pradana
    15 September 2023 pukul 10.41
    Ke Surabaya cuma sekali, dan itupun belum ngerasain kuliner khasnyaa. Jadi kesel setelah baca artikel ini hahahah di tambah ada gambar kulinernyaaa
    Reply
  • NataHsu
    NataHsu
    15 September 2023 pukul 07.58
    Terakhir ke Surabaya belum nyobain satu pun dari list ini. Fix nanti kalau ke surabaya bakal cobain ini 🙏🏻
    Reply
  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin
    15 September 2023 pukul 07.49
    Penasaran kayak apa pecel dicampur rawon? Apa gak asin? Heheheh

    Terakhir pas ke surabaya malah malannya di Madura.. Penasaran ama. Kuliner Surabaya aih

    Btw kalo nasi bali itu kayaknya pernah diliput ama Nex Carlos ya?
    Reply
  • Herijo
    Herijo
    15 September 2023 pukul 07.41
    Saya dan istri suka banget sama makanan dengan bumbu kacang, termasuk pecel khas Surabaya ini. Sempat kepikiran juga mo buka usaha kuliner ini. Tapi baru sekedar wacana.
    Reply
  • Keke Naima
    Keke Naima
    15 September 2023 pukul 06.33
    Semua bisa jadi favorit saya, nih. Apalagi rasa pedas. Sebagai penyuka pedas, saya harus cobain kalau ke Surabaya.
    Reply
  • Alfida Husna
    Alfida Husna
    14 September 2023 pukul 20.44
    Huaaah ini beneran buka sampai pagi? Makanan malam yg berat2 semua ya auto gagal diet sih ini. Karena aku suka cumi aku penasaran sama nasi cuminya. Ahhh enak banget nih aku bayangin makan malam2 minumnya es teh manis. Babay diet 😂
    Reply
  • Phai Yunita S Wijaya
    Phai Yunita S Wijaya
    14 September 2023 pukul 19.36
    Aku udah pernah makan nasi pecel pas pertama x ke Surabaya, tapi kalau nasi pecel dicampur rawon, belum tahu lagi nih. Kayaknya unik gitu ya rasanya. Jadi pengen nyoba menu ini kalau kesana lagi. Bisa dinikmati selagi hangat di malam hari makin teras nikmatyaa.
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    14 September 2023 pukul 18.49
    aku pernah cobain pecel rawon. kaget banget pas cobain karena unik haha. eh, kayaknya nasi cumi juga pernah deh itu tp lupa namanya. pokoknya tempatnya rame banget. dan enaaakk
    Reply
  • timduniamasak
    timduniamasak
    14 Desember 2022 pukul 23.40
    penasaran sama Pecel Ambulance Bu Hana, pengen coba :D
    Reply