Kegiatan Sosial RW Berbagi di Kelurahan Tambakrejo Surabaya

Halo, arek Suroboyo! Yok opo kabare, Rek! Selama beberapa tahun terakhir ini, kondisi perekonomian di Indonesia jadi porak poranda akibat pandemi. Tanpa kecuali Surabaya yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Meskipun pemerintah baru-baru ini telah menyalurkan BLT atau Bantuan Langsung Tunai, tetapi nyatanya masih ada beberapa orang membutuhkan yang belum menerima bantuan sosial tersebut.

Hal ini menjadi latar belakang para RW di kelurahan Tambakrejo untuk melakukan kegiatan sosial "RW Berbagi" yang ditujukan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegiatan sosial tersebut merupakan inisiatif mandiri para RW dari warga untuk warga.

Arek Suroboyo
Sumber: dokumentasi Pak Mustakim

Kegiatan Sosial, Sarana Berbagi di Tengah Carut Marut Harga Sembako yang Makin Melambung

Kegiatan sosial merupakan sarana berbagi ke sesama yang punya banyak manfaat bagi yang menerima. Biasanya penerima bantuan dari kegiatan sosial lebih tepat sasaran karena para penyelenggara akan terjun langsung untuk menyalurkan bantuan.

Bentuk Kegiatan Sosial

Bentuk dari kegiatan sosial banyak sekali bisa berupa penggalangan dana, penyaluran bantuan sosial, penyuluhan, menjenguk tetangga, kerja bakti, dan masih banyak lagi. Kegiatan sosial "RW Berbagi" yang dilakukan keluaran Tambakrejo merupakan contoh kegiatan sosial dalam bentuk bantuan sosial ke warga.

Manfaat Kegiatan Sosial

Kegiatan sosial yang sudah dilakukan ternyata memiliki manfaat baik untuk penyelenggara maupun sasaran kegiatan sosial. Sebagai penyelenggara, masyarakat bisa memiliki kemampuan untuk mengupayakan peningkatan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Sebagai sasaran kegiatan, masyarakat akan mendapatkan pelayanan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas hidup.


RW Berbagi, Inisiatif Penyaluran Bantuan Sosial Dari Warga ke Warga di Surabaya

Kegiatan sosial Arek Suroboyo
Sumber: Dokumentasi Pak Mustakim

Salah satu kegiatan sosial yang diprakarsai oleh warga untuk warga di kota Surabaya adalah "RW Berbagi". Tim RW di area kelurahan Tambakrejo bahu-membahu mencari donatur atau sponsor untuk penyaluran bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

Pak Mustakim, Penggerak RW Berbagi

Kegiatan sosial RW Berbagi di kelurahan Tambakrejo ini digerakkan oleh Pak Mustakim. Beliau merupakan tim RW yang mengusulkan adanya kegiatan sosial dari warga untuk warga tersebut.

Bentuk Kegiatan RW Berbagi

Bentuk kegiatan dari RW Berbagi adalah penyaluran bantuan sosial berupa sembako atau uang tunai kepada warga sekitar kelurahan Tambakrejo yang membutuhkan. Kegiatan RW Berbagi ini sudah berlangsung kurang lebih 3 tahun sejak sebelum pandemi datang dan diadakan secara rutin sebulan sekali.

Sistem Donatur atau Sponsor

Bantuan sosial dari RW Berbagi berasal dari donatur tetap sesama warga, kadang berupa sponsor dari pihak tertentu. Misalnya saja seperti kegiatan RW Berbagi bulan September dengan donatur dari DNS Skincare. Biasanya hasil dana atau bantuan donatur atau sponsor ini akan dikelola oleh tim RW Berbagi sebelum dibagi-bagikan ke warga yang membutuhkan.



Kegiatan Sosial RW Berbagi Bukti Karakter Gotong Royong Masih Ada di Indonesia

Begitulah sekilas tentang kegiatan sosial yang dilakukan oleh RW di kelurahan Tambakrejo berdasarkan cerita dari Pak Mustakim. Kegiatan Sosial RW Berbagi adalah bukti bahwa masih ada karakter gotong royong dan jiwa sosial dalam masyarakat Indonesia. Kegiatan seperti ini harus didukung penuh, apalagi semangat arek Suroboyo untuk berbagi sangatlah tinggi.

Banyak juga kegiatan serupa yang sudah dilakukan arek Suroboyo di lain tempat. Semoga apa yang sudah dilakukan oleh arek-arek Suroboyo ini bisa jadi kegiatan yang bermanfaat, positif, dan menularkan virus kebaikan.


Referensi

Pak Mustakim, penggerak RW Berbagi

Related Posts

3 komentar

  1. Ini baru keren, disaat yang lain sibuk mengulurkan tangan,di sini saling gotong royong guyub rukun. Keren pokok e rek.

    BalasHapus
  2. MasyaaAllah, barakallah mba.. masih optimis Indonesia akan jadi bangsa besar karena sifat gotong royongnya ini lhoo <3 duh ikut meleleh dong akuu.. dimulai dari hal kecil, dimulai dari diri sendiri, insyaAllah nanti jadi habit dan karakter lingkungan kita ya mbaa

    BalasHapus
  3. RW idaman, dan semoga ingin menjadi tamparan keras untuk, ya pejabat tinggi yang di masa pandemi tega-teganya korupsi bansos..
    Semoga kegiatan positif ini nular hingga ke RW lain di daerah lain dan tidak hanya di Surabaya

    BalasHapus

Posting Komentar