Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

10 Playground di Surabaya, Bikin Si Kecil Happy!

Indoor Playground

Halo Arek Suroboyo! Bermain adalah kegiatan sebagian besar anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kadang sebagai orang tua sering bingung mencari tempat bermain atau playground di Surabaya.

Lewat artikel ini, ada rekomendasi 10 playground di Surabaya baik indoor maupun outdoor yang bisa dikunjungi saat weekend. Apa dan dimana saja playground di Surabaya yang worth it untuk anak? Scroll terus sampai bawah, Rek!


Rekomendasi Outdoor dan Indoor Playground di Surabaya

Sebenarnya ada banyak playground di Surabaya yang bisa dikunjungi. Dari semuanya, ada 10 outdoor dan indoor playground yang unik, menarik, dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak versi Asli Arek Suroboyo.

1. Sensory Park Surabaya by Rumah Kumbang

Playground di Surabaya
Sumber: instagram @sensorypark.sby
Lokasi: Apart. Grand Dharmahusada Lagoon, Jalan Raya Mulyosari No. 366 A, Surabaya.
Kontak: ig @sensorypark.sby, 0812 3122 5850

Baru saja dibuka pada tanggal 10 Juni 2023, Sensory Park dibuat secara khusus dengan konsep natural outdoor playspace. Dipersembahkan oleh Rumah Kumbang, Sensory Park menyediakan berbagai permainan sensory play di outdoor playground.

Bagi yang mendalami metode Montessori, pasti tahu kalau manfaat sensory play sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Mulai dari menstimulasi kemampuan kognitif,  motorik, dan sensorik anak.

Macam permainan di Sensory Park cukup banyak. Anak tidak akan bosan saat bermain di sini. Harga tiket masuk ke Sensory Park bervariasi sebagai berikut:

  • Senin-Kamis: 1 jam Rp87.000, 2 jam Rp145.000, dan all day Rp225.000
  • Jumat-MInggu: 1 jam Rp173.000, 2 jam Rp230.000, dan all day Rp288.000

2. Taman Lalu Lintas

Indoor Playground Surabaya
Sumber: Jawa Pos
Lokasi: Terminal Intermoda Joyoboyo, Jl. Joyoboyo no. 1, Surabaya
Reservasi: https://dishub.surabaya.go.id/portal/

Arena indoor playground unik satu ini berlokasi di dalam Gedung Parkir dan Terminal Intermoda Joyoboyo. Seperti namanya, taman lalu lintas berisi pernak-pernik lalu lintas seperti mobil-mobilan, rambu-rambu, dll.

Selain bermain, anak juga bisa mengenal hal-hal yang berhubungan dengan lalu lintas di jalan. Jadi, nggak cuma dapat happy saja saat bermain. Pengetahuan dasar lalu lintas pun bisa didapat anak.

Taman Lalu Lintas tersebut buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk ke sini gratis. Hanya saja harus reservasi lewat laman resmi Dishub Surabaya, lalu pilih tab E-Angkutan, dan pilih jadwal kunjungan yang tersedia.

3. Kidzoona Surabaya

Indoor Playground
Sumber: instagram @imagine_photoworks

Lokasi: Tunjungan Plaza 6, Lantai 4, Jl. Basuki Rahmat No. 8-12, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya

Kidzoona Surabaya merupakan arena indoor playground yang identik sebagai arena bermain keluarga. Konsep yang diusung merupakan edukasi anak yang mengasah keterampilan motorik, sensori, dan role play (bermain peran).

Di sini ada permainan mandi bola, seluncuran seru, serta fasilitas untuk role play unggulan Kidzoona. Saat role play, anak bisa menjadi polisi, pedagang, penjual es krim, hingga menjadi dokter. Orang tua bisa menemani anak bermain di dalam.

Fasilitas loker untuk barang bawaan juga tersedia di KIdzoona Surabaya. Harga tiket masuk mulai dari: Rp60.000 – Rp120.000 saat weekdays dan Rp90.000 – Rp180.000 untuk akhir pekan.

4. Playtopia

Playground di Surabaya
Sumber: instagram @playtopia.id

Lokasi: Ciputra World Mall, Jl. Mayjen Sungkono No. 89, Dukuhpakis, Surabaya

Playtopia sebagai indoor playground hadir di Surabaya dengan variasi 20 jenis permainan yang juga bakal menstimulasi tumbuh kembang anak. Mulai dari kolam mandi bola yang luas, kolam pasir untuk stimulasi sensori anak,  wall climbing, trampolin, aneka seluncuran, dan masih banyak lagi.

Anak-anak bisa bebas main, serta eksplorasi  sepuasnya di Playtopia. Selain itu ada juga wahana andalan yang membawa anak meluncur sejauh 40 meter untuk mengelilingi area permainan Playtopia, yaitu Air Coaster.

Arena indoor yang luas bisa membuat anak betah berlama-lama di sini. Harga tiket untuk masuk Playtopia mulai dari Rp100.000 – Rp150.000 saat weekdays dan Rp150.000 – Rp200.000 saat weekend.

5. Happy Land

Indoor Playground Surabaya
Sumber: instagram @happyland_plazasby

Lokasi: Delta Plaza Surabaya
Kontak: ig @happyland_plazasby

Masih dengan indoor playground, Happy Land membawa tema Snack World. Pastinya si kecil bakal happy bermain di sini karena temanya dekat dengan dunia jajanan anak.

Si kecil bisa menjelajahi arena bermain berupa kota kecil, bermain seluncuran, dan  mandi bola di kolam yang sangat luas. Ada juga tempat bermain peran yang menawarkan berbagai jenis profesi. Si kecil bisa berimajinasi akan menjadi apa saat dewasa nanti.

Happy Land buka setiap hari pukul 10.00 - 21.00 WIB. Harga tiket masuk mulai dari Rp 50.000  saja. Namun, di bulan Juni 2003 ini sedang ada promo bayar Rp100.000 dapat VIP Member seharga Rp125.000.

6. Do Cafe

Indoor Playground
Sumber: instagram @docafe.surabaya
Lokasi: Perumahan FOREST MANSION, Jl. Lidah Wetan Raya no. 27c, Surabaya
Kontak: ig @docafe.surabaya, RSVP 08889942600

Selanjutnya ada outdoor playground dalam arena kafe unik bernama Do Cafe. Kafe unik ini menawarkan konsep kafe indoor dengan  playground outdoor yang bisa dijelajahi dengan anak. Di dalam bagian outdoor playground ada mini zoo, kolam ikan, dan taman bermain.

Anak senang, anak pun kenyang. Praktis banget, kan? Bisa ajak anak bermain-main, kalau lapar tinggal beli menu makanan di Do Cafe.

Do Cafe buka setiap hari mulai pukul 11.00 - 23.00 WIB. Tidak ada HTM untuk arena playground, tapi untuk harga menu makanan cukup terjangkau mulai dari Rp20.000 saja.

7. Happynests Cafe

Lokasi: Jalan Jawa 18, Surabaya
Kontak: ig @happynests.id, RSVP 089602881155, 089602881177

Konsep kafe dan playground mirip dengan Do Cafe, hanya saya area playground indoor. Biasanya pengunjung wajib reservasi dulu agar pengunjung tidak membludak, dan anak bisa bermain dengan nyaman.

Area playground di Happynests Cafe sangat instagramable dan aestetik dengan nuansa kayu berwarna krem. Selain happy karena bermain, anak bisa terstimulasi di area motorik dan sensorik. Selain itu, beberapa permainan juga mengajarkan anak untuk berani dan percaya diri.

Happynests Cafe buka setiap hari mulai pukul 11.00 - 20.00. Tidak ada minimal order atau durasi. Namun, bisa juga reservasi agar lebih privat.

8. Kebun Bibit Wonorejo

Lokasi: Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya

Salah satu taman di Surabaya ini memiliki arena playground outdoor. Permainan di sini standar seperti seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan lain-lain.

Di Kebun Bibit Wonorejo juga terdapat mini zoo yang berisi rusa, beberapa jenis burung, dan kolam ikan lele di bagian depan. Sambil bermain, anak-anak bisa mengenal beberapa jenis hewan di sini. Cukup seru untuk anak-anak yang rasa ingin tahunya besar.

Masuk ke sini gratis, hanya perlu membayar parkir saja. Kebun Bibit Wonorejo buka setiap hari dari pukul 07.00 - 15.00 WIB.

9. Taman Hutan Raya Jeruk

Lokasi: Belakang Puskesmas Jeruk, Jalan Raya Menganti, Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya.

Taman Hutan Raya Jeruk lebih dikenal dengan Taman Jeruk atau Bukit Teletubbies. Pemandangannya sangat hijau, seperti di pedesaan. Di sini juga ada outdoor playground untuk anak.

Arena bermain di sini sangat luas. Ditambah lagi kualitas udara di sini masih bagus. Tentu baik untuk kesehatan si kecil. Area rerumputan yang luas bisa untuk stimulasi sensorik anak, sehingga tumbuh kembang bisa berjalan dengan optimal.

10. Taman Suroboyo

Lokasi: Jl. Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kec. Bulak, Surabaya

Taman Suroboyo yang baru saja dibangun kembali saat ini memiliki arena ooutdoor playground yang sangat luas. Ada area seluncuran, ayunan, kolam pasir, dan permainan outdoor lainnya.

Masuk ke Taman Suroboyo gratis. Hanya membayar parkir sebesar Rp5.000 saja untuk motor. Di sini juga ada berbagai penjual mainan atau lapak mainan non permanen seperti kolam ikan pancing, melukis, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.


Yuk, Ajak Anak Bermain di Playground Surabaya!

Seru, asyik, dan menarik, bukan? Rekomendasi 10 playground di Surabaya tersebut bisa jadi referensi untuk ajak anak bermain sampai puas. Kamu juga bisa intip wisata terbaru Surabaya pada postingan sebelumnya. Arek Suroboyo atau pengunjung dari luar Surabaya kira-kira bakal ajak si kecil ke playground yang mana, nih? Bisa komen di kolom komentar, ya!


Referensi

  • Instagram @sensorypark.sby
  • Instagram @docafe.surabaya
  • Instagram @happyland_plazasby
  • https://www.nibble.id/tempat-bermain-anak-di-surabaya/
  • https://dishub.surabaya.go.id/portal/

1 komentar

1 komentar

  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    17 Oktober 2023 pukul 05.53
    Ih, kok seru semua inii.. Kalo gini sih anak-anak pasti betah main ya. Nect kalo pulang ke Surabaya boleh nih mampirin salah satu atau salah dua, biar bikin anak happy, hihihi..
    Reply