Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

7 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Legend dan Otentik

Oleh-oleh khas Surabaya

Halo Arek Suroboyo! Selain mendapat julukan sebagai kota Pahlawan, kota ini juga punya banyak oleh-oleh khas Surabaya.

Bahkan, ada beberapa oleh-oleh yang legend dan otentik benar-benar asli Surabaya. Jadi, kamu yang akan berkunjung ke Surabaya pastikan untuk membeli rekomendasi oleh-oleh ini ya.

Apa saja oleh-oleh khas Surabaya yang legend dan otentik? Yuk, intip dalam artikel berikut ini!


Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Surabaya, Legend dan Otentik!

Banyak orang Surabaya sendiri yang belum tahu oleh-oleh khas Surabaya mana yang legend atau otentik. Maksudnya ketika orang membeli oleh-oleh tersebut langsung auto teringat Surabaya. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang legend dan otentik versi Asli Arek Suroboyo.

1. Spikoe Resep Kuno

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber: instagram @srk_spikoeresepkuno
Harga: mulai dari Rp95.000
Alamat: Jl. Rungkut Madya 41, Surabaya, 60293
Tersedia online: Go Food, Grab Food, Shopee Food, WhatsApp

Warga Surabaya pasti akrab dengan Spikoe. Kue yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini terdiri dari 3 lapisan berwarna kuning-cokelat-kuning.

Teksturnya sangat lembut karena menggunakan banyak kuning telur. Cita rasanya manis, legit, tapi tidak membuat enek. Jadi, pas banget di lidah sebagai teman minum teh atau kopi.

Banyak berbagai merk kue Spikoe yang ada di Surabaya. Salah satu yang termasuk legend karena dibuat dengan resep kuno adalah Spikoe Resep Kuno. Selain itu, Spikoe Resep Kuno juga sudah mengantongi sertifikasi halal MUI.

Outlet Spikoe Resep Kuno ada di Jalan Rungkut Madya no. 41 Surabaya. Namun, jika lokasi toko Spikoe Resep Kuno terlalu jauh, bisa juga memesan secara online ke hotel tempat kamu menginap.

2. Sirup Siropen Telasih

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber: Siropen Telasih
Harga: mulai dari Rp25.000
Alamat: Jl. Mliwis no. 5, kec. Krembangan, Surabaya, 60175

Surabaya ternyata memiliki pabrik sirup pertama di Indonesia sejak tahun 1923. Dibangun oleh JC Van Drongelen, Pabrik Siropen Telasih masih beroperasi hingga sekarang.

Tak hanya itu, Siropen Telasih selalu menjunjung tinggi komitmen untuk mempertahankan resep legend nan otentik tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan. Dari segi varian, Siropen Telasih memiliki rasa mawar, frambozen, cocopandan, vanili, leci, arbei, jeruk keprok, dan melon.

Bagi kamu yang berasal dari luar Surabaya bisa pilih Siropen Premium. Bedanya ada di kemasan. Siropen Premium dikemas dalam botol mirip seperti wine, lalu dilengkapi dengan kemasan kotak, sehingga cocok sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang unik dan wajib dibeli.

3. Sambal Bu Rudy

Oleh-oleh khas SurabayaSumber: instagram @pusol.burudy
Harga: mulai dari Rp27.000
Alamat: Jl. Dharmahusada No.144, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya, 60285
Tersedia online: website depotburudy.com, Go Food, Grab Food

Kesuksesan kuliner legendaris di Surabaya, Depot Bu Rudy ternyata berawal dari warung mobil yang awalnya hanya menjajakan nasi campur dan nasi pecel khas Madiun. Suatu ketika Bu Rudy mencoba variasi menu dengan mengolah udang yang biasanya digunakan suaminya sebagai umpan memancing.

Udang kecil-kecil ini digoreng dengan cara khas Bu Rudy dengan pelengkap sambal bawang. Ternyata sajian yang diberi nama nasi udang ini digemari sebagian besar orang. Usaha Bu Rudy pun kian sukses hingga mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya Legendary Restaurant of The year dari Mandiri Culinary Awards 2022.

Oleh karena itu, kalau berkunjung ke Surabaya wajib membeli kuliner legendaris ini sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir, Bu Rudy sudah mengemas secara khusus udang goreng dan sambal bawang ini agar awet sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

4. Kerupuk Ikan Laut Khas Kenjeran

Oleh-oleh khas Surabaya
Harga: mulai dari Rp20.000
Alamat: di sepanjang Pantai Kenjeran

Kerupuk bukan sembarang kerupuk, kalau di Surabaya banyak juga yang menjual kerupuk ikan laut khas Kenjeran. Kamu bisa jadikan kerupuk ikan laut khas Kenjeran ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang legendaris nan otentik.

Beberapa yang terkenal dari zaman dulu adalah kerupuk terung, kerupuk tenggiri, rengginang lorjuk, kerupuk lorjuk, kerupuk ikan kakap, kerupuk layur, dan masih banyak lagi variannya. Penjual kerupuk ikan laut menjamur di sepanjang pantai Kenjeran Surabaya.

Jadi, selain beli oleh-oleh khas Surabaya, kamu juga bisa wisata di sekitar pantai Kenjeran. Di sana tentu saja ada pantai Kenjeran, Taman Suroboyo, Sentra Ikan Bulak, dan Jembatan Suroboyo.

5. Kaos Cak Cuk

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber: instagram @cakcuksurabaya
Harga: mulai dari Rp50.000
Alamat: Jl. Dharmawangsa No.53-A, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60286
Tersedia online: instagram @cakcuksurabaya

Kalau di Jogja ada kaos Dagadu, di bali ada kaos Joger. Kalau di Surabaya ada juga, nih, namanya kaos Cak Cuk. Nama brand merupakan gabungan dari panggilan kakak khas Surabaya (cak) dan umpatan kasar khas Surabaya (cuk).

Cak Cuk telah menjadi trademark resmi kaos oblong yang bertuliskan tentang seluk beluk kota Surabaya. Kamu bisa menjadikan kaos Cak Cuk sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang otentik. Jadi benar-benar khas Surabaya.

6. Emping Melinjo Udang

Oleh-oleh khas Surabaya
Harga: mulai dari Rp33.000
Alamat: Jl. Genteng Besar no. 69, kec. Genteng, Surabaya, 60275
Tersedia online: Shopee, Tokopedia, Lazada

Emping melinjo khas Jawa Timur biasanya hanya dibuat dari melinjo yang ditumbuk dan digoreng. Nah, ada oleh-oleh khas Surabaya dari melinjo, tapi menggunakan bahan tambahan udang. Jadilah Emping Melinjo Udang khas Surabaya.

Olahan kuliner yang sudah ada sejak tahun 1976 ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang termasuk legendaris. Tersedia dalam kemasan siap makan, Bogajaya jadi salah satu penyedia Melinjo udang yang terpercaya.

Teman-teman bisa membeli secara langsung di outlet Bogajaya jalan Genteng. Bisa juga membeli secara online melalui e-commerce official Bogajaya. Keluarga pasti senang dengan oleh-oleh khas Surabaya yang enak nan gurih tersebut.

7. Olahan Semanggi

Oleh-oleh khas Surabaya
Sumber: instagram @kampungsemanggi
Harga: mulai dari Rp25.000
Alamat: Pusat Oleh-Oleh Surabaya Square, Jl. Tunjungan no. 1-3 (Gedung Siola lt. 2), Surabaya, 60275

Ada yang pernah makan kuliner pecel semanggi yang legendaris di Surabaya? Kalau belum, wajib coba kalau ke Surabaya. Biasanya ada di sekitar Taman Bungkul. Eh, tapi nggak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, dong?

Tenang, kamu bisa bawa pulang olahan semanggi dalam bentuk peyek atau cookies semanggi. Tanaman semanggi sengaja dibudidayakan secara besar-besaran di kawasan Sememi dan Benowo Surabaya. 

Oleh karena itu, olahan semanggi ini layak jadi oleh-oleh khas Surabaya yang bisa menggambarkan “Surabaya banget”. Selain itu, semanggi juga punya manfaat untuk kesehatan seperti menurunkan hipertensi, mengobati diare, flu, dan mencegah kerusakan sel saraf. Wow beli oleh-oleh dapat manfaat buat kesehatan, nih!


Penutup

Kamu bakal pilih oleh-oleh khas Surabaya yang mana, nih, untuk dibawa pulang? Apa? Ingin borong semuanya? Boleh banget, dong! Jangan lupa colek Mimin kalau sudah beli, ya?

Yuk, belanja oleh-oleh khas Surabaya yang legend dan otentik versi Asli Arek Suroboyo. Next, Mimin bakal bahas oleh-oleh khas Surabaya lainnya sesuai tema, serta berbagai informasi menarik lainnya tentang wisata Surabaya, kuliner Surabaya, dan lain-lain tentang Surabaya. Tunggu artikel selanjutnya, ya! Selamat belanja!


Referensi

  • https://spikoeresepkuno.com/shop/
  • https://depotburudy.co.id/sejarah/
  • https://unair.ac.id/daun-semanggi-tanaman-lokal-yang-berpotensi-mencegah-kerusakan-sel-saraf/

15 komentar

15 komentar

  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    16 Oktober 2023 pukul 22.19
    Semanggi adalah makanan khas surabaya. Senang sekali sekarang sudah banyak dijual olahan semaggi, pas buat oleh-oleh
    Reply
  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom
    9 Oktober 2023 pukul 06.08
    Wah, gak nyangka ternyata Spikoe itu asli Surabaya dan udah ada dari jaman Belanda! Aku sih biasanya pas pulang dari Suroboyo selalu bawa Spikoe buat oleh-oleh, soalnya emang enak banget, legit dan pas buat cemilan. Tapi, baru tahu nih kalo Spikoe Resep Kuno itu legend dan punya cerita panjang di baliknya. Makasih infonya ya! Besok kalo ke Surabaya, aku mampir ke alamatnya deh, biar bisa beli langsung dari tokonya. 👍🍰
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    8 Oktober 2023 pukul 10.26
    Semanggiii..
    Aku penggemar semanggi. Di kota manapun, gak ada sayuran ini.
    ((atau aku yang ga gaul yaa..??))

    Kenapa aku orang Surabaya gatau Sirup Siropen Telasih sama Spikoe Resep Kuno yaa??
    Apa Surabaya ini terlalu cepat mengikuti makanan kekinian sehingga makanan lejennya jadi berkurang?

    Tapi aku selalu inget Tandur, alias ketan duren yang deket SMA Komplek sama Mie Ayam Mujahidin.
    Rujak cingur Peneleh sama Lontong Balap Pak Gendut Garuda.
    Lah, kenapa jadi nge-list makanan kesukaan aku yaa..
    Jadi kangen Ibuuuk..
    Reply
  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto
    8 Oktober 2023 pukul 07.21
    Saking seringnya ke Sby tuh malah ga ngeh kalo Surabaya jg pny oleh2 khas daerah. Aku kira cuman pecel doank yg ada semangginya itu. Hehe.

    Kalo kaos Cak Cuk sih udh tau dr dulu tp ya gaungnya kurang terasa. Kalo sambal Bu Fudy ini selalu wara wiri di sosmed. Sering denger tp blm pernah coba jg sih.
    Reply
  • Ranggi's Travel Story
    Ranggi's Travel Story
    8 Oktober 2023 pukul 05.09
    Waaaww endeuss jadi kangenn surabaya reek....ngilerr kalau ke surabaya skalian mlipir ke bebek sinjay (gusti yeni)
    Reply
  • Triani Retno A
    Triani Retno A
    8 Oktober 2023 pukul 03.13
    Seneng banget kalau makanan yang legendaris sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. Kulineran jadi lebih tenang.
    Reply
  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu
    8 Oktober 2023 pukul 01.53
    Yang olahan semanggi ini bikin penasaran buat dicoba. Soalnya daku belum pernah coba. Memang cocok ya jadi oleh-oleh karena jadi buah tangan khas
    Reply
  • Kyndaerim
    Kyndaerim
    8 Oktober 2023 pukul 00.14
    Waa, lama nggak ke Surabaya akutuh. Terakhir dulu itu keknya sempet bawa Sirup Siropen Telasih sama emping, hihihi..
    Reply
  • deamerina
    deamerina
    7 Oktober 2023 pukul 23.41
    aku sebagai orang Surabaya jujur blm pernah cobain semuanya kecuali spikoe haha. anw, unik banget semanggi dijadiin cookie?? gimana rasanyaaa??
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    7 Oktober 2023 pukul 23.30
    Semuanya surabaya banget, ya. Kalau semanggi itu emang engga nemu di tempat lain
    Reply
  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan
    7 Oktober 2023 pukul 22.55
    semuanya enak dan sudah banget untuk ditolak, Aku terkadang beli online lho kalau sudah kangen ama makanannya. EMang bikin kangen dan seenak itu. Apalagi kalau ada yang bawain buat oleh oleh, tambah seneng
    Reply
  • Yustrini
    Yustrini
    7 Oktober 2023 pukul 22.49
    Wah makasih rekomendasinya. Besok kalo pergi ke Surabaya jadi sudah tahu mau beli oleh-oleh apa aja. Kayaknya semua patut dicoba deh
    Reply
  • Alfida Husna
    Alfida Husna
    6 Oktober 2023 pukul 05.00
    Wah banyak juga oleh-oleh khas surabaya nya ya. Karena aku suka yg manis, aku penasaran sama Spikoe. Terlihat lembut banget. Dengan harga segitu udah dapat 1 loyang mbak apa gimana? lumayan harganya ya tapi worth it sih sama rasanya yaa, yg penting gak enek.
    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    5 Oktober 2023 pukul 18.59
    aku cuman tahunya sambal bu rudy aja nih, karena ada sepupu stay disana yang kalau pulang pasti bawa itu terus bawa ikan bandeng. oleh-oleh yang lain aku gak tahu tapi penasaran iih, itu semanggi dibikin gorengan peyek enak banget kayaknya. jadi penasaran gimana bikinnya ya? hihihi

    Aku juga gak nyangka loh Surabaya ternyata punya pabrik sirup pertama di Indonesia dan dari tahun 1973! waahh!!! sampai sekarang masih ada. penasaran kan jadinya kek gimana rasanya.

    Kalau aku ke surabaya, auto minta dianterin sepupu buat beli siropen sama peyek semanggi ah.

    Reply
  • Eka FL
    Eka FL
    5 Oktober 2023 pukul 18.59
    aku cuman tahunya sambal bu rudy aja nih, karena ada sepupu stay disana yang kalau pulang pasti bawa itu terus bawa ikan bandeng. oleh-oleh yang lain aku gak tahu tapi penasaran iih, itu semanggi dibikin gorengan peyek enak banget kayaknya. jadi penasaran gimana bikinnya ya? hihihi

    Aku juga gak nyangka loh Surabaya ternyata punya pabrik sirup pertama di Indonesia dan dari tahun 1973! waahh!!! sampai sekarang masih ada. penasaran kan jadinya kek gimana rasanya.

    Kalau aku ke surabaya, auto minta dianterin sepupu buat beli siropen sama peyek semanggi ah.

    Reply